,

Menindak Lanjuti laporan warga Desa Kendikat Relawan Ypn kunjungi penderita Disabilitas

oleh -444 Dilihat

Baturaja, Baranusantara-com -Pasangan Suami Isteri, Nur Hamdi dan Linda Sari warga Kendikat Dusun III Desa Laya Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu, merasa sedih dan terpukul atas cobaan yang diberikan Allah terhadap anak mereka. Bayi mungil dengan jenis kelamin perempuan lahir pada bulan Oktober 2023 yang lalu yang terlahir dalam keadaan mengalami kekurangan atau cacat fisik di bagian mulut. Bayi yang diberi nama Risha Dwi Sari terlahir dengan kondisi bibir sumbing dan ketidak normalan dibagian langit-langit.

Karena kondisi Rihsa yang sedemikian memperihatinkan, apa lagi membayangkan saat besar nanti jika harus dengan bibir sumbing, tentu akan menjadi hambatan terhadap tumbuh kembang Risha. Keinginan kedua orang tua Risha untuk mengatasi permasalahan disabilitas yang dialami sangat kuat demi untuk membuat kondisi Risha normal. Namun keinginan kuat kedua orang tua Risha, terbentur masalah dana untuk pembiayaan operasi bibir sumbing yang terbilang tidak murah.

Baca Juga :   PERSIT KARTIKA CHANDRA KIRANACAB, XXXIII KODIM 0421/LS.RANTING 4 KORAMIL 03/PNH BERBAGI.

Untuk permasalahan itu keluarga Risha termasuk kakeknya Romzi, meminta solusi untuk penanganan Risha kepada Yudi Purna Nugraha, SH selaku Wakil Ketua I DPRD OKU sekaligus Ketua DPD PAN OKU, melalui Relawan YPN Bidang Kesehatan dan LSM Geram Banten. Menindak lanjuti permasalahan yang dihadapi Nur Hamdi dan Linda Sari selaku orang tua Risha, hari ini Minggu ( 12-11-2023 ) Relawan YPN bersama LSM Geram Banten mengunjungi Risha guna melihat langsung untuk mengetahui kondisi Risha.

Dari kunjungan langsung ini, Relawan YPN dan LSM Geram Banten melihat langsung keadaan Risha yang sangat memperihatinkan, Risha sangat membutuhkan uluran tangan dari semua pihak untuk melakukan tindakan medis terhadap Risha karena kondisi ekonomi Nur Hamdi yang tergolong tidak mampu selaku pekerja buruh harian lepas. Keluarga Nur Hamdi bahkan Romzi kakek Risha sangat berharap agar mendapatkan bantuan dari Yudi Purna Nugraha untuk pengobatan Risha hingga menjadi normal seperti orang normal pada umumnya.

Baca Juga :   Pelantikan Dan pengambilan sumpah Jabatan Kepala Desa Terpilih

Romzi kakek Risha kepada Relawan YPN dan LSM Geram Banten mengatakan “kami sekeluarga sangat berharap agar Risha dibantu oleh pak Yudi dan Relawan YPN beserta LSM Geram Banten. Risha sudah tentu harus menjalani operasi bibir sumbing yang tentunya butuh biaya yang tidak sedikit, sedangkan kami sekeluarga tidak memiliki kemampuan finansial, untuk itu lah kami sangat mengharapkan bantuannya” kata Romzi.

Menanggapi hal tersebut, Sampurna selaku Koordinator Bidang Kesehatan sekaligus Ketua LSM Geram Banten mengatakan “selaku pengemban amanat yang dipercayakan oleh YPN kami akan berusaha sekuat tenaga dan pikiran untuk membantu pendampingan dan akan berkordinasi ke dinas dinas terkait yang ada di pemerintahanan kabupaten Oku kami siap membantu pendampingan

Untuk Risha hingga kembali bisa mendapatkan program dari pemerintah kabupaten Oku

Baca Juga :   Waluyo Warga Desa Merbau Pasien Stroke Kembali Di Bantu Oleh Relawan Yudi Purna Nugraha, SH.

 

. Hari ini baru tindakan awal yang kami lakukan untuk mengetahui langsung keadaan Risha, agar kami bisa mendampingi  kata “Sampurna.
“Untuk penanganan masalah Risha, tidak lah semerta-merta bisa dilakukan saat ini karena ada syarat dan ketentuan untuk mengambil tindakan operasi pada anak bayi. Diantaranya usia sudah mencapai tiga bulan, berat badan minimal lima kilo gram. Sambil menunggu syarat terpenuhi kami akan melaporkan dan berkoordinasi dengan Dinas Dinas terkait seperti Dinas Sosial OKU dan Dinas Kesehatan OKU untuk memastikan tindakan yang akan dilakukan oleh pihak medis” tutup Sampurna.

Insya Allah YPN dan Relawan YPN bersama LSM Geram Banten akan membantu pendampingan  penanganan Risha hingga mendapatkan bantuan dari seluruh lapisan masyarakat maupun pemerintah kabupaten Oku hingga tuntas.
Semoga Allah mudahkan dan melancarkan usaha penyembuhan Risha Nantinya. Aamiin.

( Heri)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.