,

Lagi Dan Lagi, Program Sosial Yudi Purna Nugraha, SH Bantu Warga Desa Merbau Penderita Stroke. 

oleh -441 Dilihat

Baturaja, BaraNusantara.com – Program ke sosialan YPN Untuk membantu masyarakat yang mengalami masalah kesehatan, terus bergulir dan sangat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh warga yang memiliki keterbatasan ekonomi. Program sosial untuk misi kemanusiaan ini kembali dibuktikan oleh YPN melalui Relawan YPN Bidang Kesehatan yang sekaligus tergabung dalam LSM Geram Banten DPD Sumsel DPC OKU dengan berupaya menyelamatkan warga RT 004 Dusun V Desa Merbau Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Tepatnya sore hari ini Senin ( 30-10-2023 ) Kepala Dusun ( Kadus ) V Desa Merbau menghubungi Koordinator Relawan YPN Bidang Kesehatan sekaligus Ketua LSM Geram Banten, Indonesia DPD DPC Oku Sumsel Sampurna, yang mana Kadus V melaporkan bahwa ada warga RT 004 Dusun IV atas nama Waluyo usia 53 tahun yang mengalami sakit terduga kena stroke yang membutuhkan pertolongan segera karena dalam kondisi mengkhawatirkan. Untuk membawa Waluyo berobat ke rumah sakit, pihak keluarga terkendala biaya karena tergolong keluarga tidak mampu. Untuk itu lah melalui Kadus V yang sudah mempunyai hubungan baik dengan Relawan YPN, menghubungi Relawan YPN untuk meminta agar Waluyo di bantu evakuasinya ke rumah sakit dan sekaligus pengurusan administrasi hingga selesai.

Baca Juga :   Lanjut LSM Geram Banten Indonesia DPD DPC Oku Sumsel bersama Relawan YPN Berjuang kesosialan untuk membantu masyarakat OKU

Menerima laporan tersebut, Relawan YPN bersama LSM Geram Banten langsung meluncur ke kediaman Waluyo guna menjemput dan membawa Waluyo ke rumah sakit.

Kedatangan Relawan YPN dan LSM Geram Banten di sambut langsung oleh Kadus V beserta seluruh anggota keluarga Waluyo. Setelah bertemu dengan keluarga Waluyo, pihak keluarga Waluyo menggantungkan harapan bantuan sepenuhnya kepada YPN dan Relawan YPN agar memberi solusi terbaik bagi Waluyo.

Tidak membuang waktu, Relawan YPN bersama LSM Geram Banten segera membawa Waluyo ke rumah sakit menggunakan mobil ambulance gratis YPN. Sesuai kesepakatan dengan pihak keluarga dan atas persetujuan isteri Waluyo dan pihak keluarga, Waluyo di evakuasi ke rumah sakit Santo Antonio Baturaja. Setibanya di rumah sakit Santo Antonio, Waluyo langsung di bawa ke ruang Instalasi Gawat Darurat dan di tangani oleh dokter. Setelah dokter melakukan pemeriksaan awal, dinyatakan bahwa Waluyo terkena stroke dengan tensi yang tinggi. Dokter memutuskan Waluyo harus menjalani rawat inap di rumah sakit dan akan dirujuk ke rumah sakit yang memiliki fasilitas lebih lengkap dan mempunyai dokter syaraf untuk menangani Waluyo.

Sambil menunggu jawaban pengajuan rujukan dari rumah sakit yang dituju, Waluyo dirawat sementara di rumah sakit Santo Antonio Baturaja, ditemani oleh isteri dan menantunya.

Baca Juga :   Relawan YPN Bidang Kesehatan Kembali Bantu Warga Batumarta Melalui Program Sosial Yudi Purna Nugraha, SH.

Untuk pengurusan administrasi dan pendaftaran pasien di loket yang telah disediakan, pengurusannya dilakukan juga oleh Sampurna selaku Koordinator Relawan YPN dan Ketua LSM Geram Banten. Semua prosedur di rumah sakit diurus hingga tuntas sampai Waluyo disediakan kamar rawat inap.

Suwarni selaku isteri Waluyo, mengatakan “suami saya mengalami stroke sejak 3 hari yang lalu, suami saya sulit untuk bergerak apa lagi berjalan, suami saya merasakan sakit di kepala, dan berbicara sudah tidak normal seperti biasanya. Kami sekeluarga sangat panik dan kebingungan atas sakit yang dialami suami saya, kami tidak memiliki biaya untuk membawa suami saya berobat ke rumah sakit. Setelah mengetahui bahwa pak Esa Kadus V memiliki hubungan baik dengan Relawan YPN, saya dan keluarga meminta bantuan pak Kadus untuk menghubungi Relawan YPN agar bersedia membantu suami saya. Alhamdulillah yang kami harapkan sepenuh hati di sambut baik oleh YPN melalu Relawan YPN, yang segera datang menjemput suami saya dan

membawanya ke rumah sakit. Kami sangat senang dan bersyukur atas bantuan YPN kepada kami khususnya untuk suami saya yang saat ini sudah di rawat di rumah sakit. Sungguh ini jasa baik yang tidak akan kami lupakan seumur hidup, dan kami siap membantu perjuangan pak Yudi untuk mencapai cita-cita beliau. Kami sangat berterima kasih atas semua yang telah di berikan kepada kami, doa terbaik akan selalu kami panjatkan untuk pak Yudi”, ucap Suwarni.

Baca Juga :   LSM Geram Banten Indonesia DPD DPC Oku Sumsel mengadakan Rapat Bulananan

Menanggapi yang di sampaikan oleh Suwarni, Koordinator Relawan Bidang Kesehatan sekaligus Ketua LSM Geram Banten, Sampurna, mengatakan “semua ini kami lakukan untuk menolong warga masyarakat yang membutuhkan. Dan semua yang kami lakukan ini tidak lain untuk menjalankan misi kemanusiaan YPN melalui program sosial YPN untuk masyarakat OKU. Kami tidak pernah merasa terbebani dan tidak merasa direpotkan untuk membantu menyelamatkan warga yang sakit. Semua kami lakukan dengan hati tulus tanpa mengharap imbalan apapun.

Warga terbantu dan kembali sehat, merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami”, kata Sampurna.

YPN tidak pernah mengelak untuk kepentingan warga kecil, begitupun Relawan YPN tidak kenal lelah untuk mengemban amanah YPN. Relawan YPN terus dan terus “berjuang dengan riang gembira”.

 

( Heri aprizal)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.