,

KETUA BPD SUKAMERINDU LESTARIKAN TRADISI CABUT BULU AYAM DI SETIAP ACARA HAJATAN

oleh -381 Dilihat

Baturaja Baranusantara-com Dalam tradisi cabut bulu ayam yang dikerjakan oleh para laki-laki mulai dari menyembelih ayam hingga mencabut bulu ayam,dan ada juga yang membersihkan kelapa ,Ada juga yang menjaga bahan-bahan keperluan hajatan, memasak air dan lain lain. yang masih berhubungan dengan pelaksanaan acara.

Kegiatan cabut bulu ayam merupakan salah satu kebiasaan bagi masyarakat Desa Sukamerindu Kec Semidangaji Kabupaten Ogan Komering Ulu, Hal itu dilakukan untuk menjaga hubungan antar sesama dan memupuk rasa kegotong royongan dan pada hari Sabtu tanggal 2 September 2023,Kobriadi sebagai Ketua BPD Desa Sukamerindu Kecamatan Semidangaji Kabupaten Ogan Komering Ulu melaksanakan hajatan untuk menyelamati rumah baru nya.

Baca Juga :   Dengan Cepat Tanggap Relawan YPN Bersama LSM Geram Evakuasi warga Desa Lubuk Batang Lama yang menderita Sakit 

Sebelum kegiatan dimulai para warga dikumpulkan oleh Ketua BPD untuk membentuk panitia hajatan. Setelah itu, masing-masing anggota akan ditentukan tugasnya berdasarkan kemampuan yang dimiliki.

Mereka bekerja tanpa adanya imbalan dan bahkan pekerjaannya itu jarang diketahui dan diakui oleh publik. Maka dari itu, tradisi ini perlu di jaga dan di tingkat kan lagi agar rasa kegotong royongan nya tetap terjaga di masyarakat,Dan ada juga para ibu-ibu yang berkaraoke sekedar untuk memberikan semangat kepada yang lain yang sedang bekerja..

Baca Juga :   Tak Diragukan Lagi, YPN Layak Jadi Pemimpin OKU, Ini Buktinya !

Hebatnya lagi, tradisi ini dapat membangun inisiatif dan partisipatif masyarakat dengan berbasis sukarela baik itu dalam kehidupan sosial dan politik Sehingga pengorbanan mereka menjadi hal yang harus diapresiasi.

Alhamdulilah tradisi cabut bulu ayam tetap kami lestarikan demi menjaga dan memupuk rasa kebersamaan dalam sebuah pekerjaan,berat sama di pikul ringan sama di jinjing,dan saya pribadi mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada warga Desa Sukamerindu Kecamatan Semidangaji Kabupaten Ogan Komering Ulu yang telah menjaga ke kompakan dalam melestarikan sebuah tradisi yang ada di Desa ini dan saya juga terimakasih pada warga yang telah bersusah payah membantu agar acara hajatan di tempat saya ini terlaksana dengan baik.” Ungkap Kobriadi Ketua BPD Desa Sukamerindu.

Baca Juga :   mempererat jalinan kekeluargaan dan komunikasi antara relawan YPN dengan warga Desa Lubuk Batang Lama

Sedangkan Irmizi warga Desa Sukamerindu menjelaskan bahwa tradisi cabut bulu ayam ini di Desa kami sudah dari nenek moyang dulu jika ada yang mau hajatan maka bergotongroyong masak-masak termasuk lah cabut bulu ayam yang di lakukan para Bapak-Bapak nya”ungkap nya
(Amrosadi)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.