,

Berkat Bantuan Program sosial YPN bersama LSM Geram evakuasi warga desa Merbau yang melahirkan Secara cesar degan selamat

oleh -376 Dilihat

Baturaja, Baranusantara.com- Hari Rabu malam ( 17-01-2024 ) lebih kurang pukul 22.00 WIB Esa Indra Prawira Kadus V Desa Merbau menghubungi Koordinator Relawan YPN Bidang Kesehatan yang juga merupakan Ketua LSM Geram, untuk meminta bantuan sehubungan ada salah seorang warganya yang akan melahirkan bayi yang di kandungnya. Ziyanah usia 25 tahun merupakan isteri Wahyu Saputra warga RT 009 Dusun V Desa Merbau Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten Ogan Komering Ulu, sudah tiba saatnya melahirkan anak keduanya.

Sebelumnya Ziyanah sempat dilarikan ke klinik bidan desa Merbau dan ditangani oleh bidan desa setempat, namun bidan desa menyatakan tidak sanggup membantu proses kelahiran bayi Ziyanah karena setelah melakukan pemeriksaan ternyata ada kendala pada kandungan Ziyanah sehingga tidak memungkinkan untuk melahirkan bayinya secara normal. Menurut bidan desa Merbau, kelahiran bayi Ziyanah harus dengan pertolongan medis yang fasilitasnya lengkap dan ditangani langsung oleh dokter spesialis kandungan di rumah sakit.

Dengan keadaan Ziyanah tersebut Kadus desa Merbau meminta bantuan kepada Relawan YPN Bidang Kesehatan dan LSM Geram untuk menjemput Ziyanah ke kediamannya dan membawanya ke rumah sakit. Relawan YPN yang sekaligus LSM Geram langsung menuju kediaman Ziyanah sekitar pukul 23.00 WIB. Setibanya di desa Merbau, melihat kondisi Zinayah yang terlihat butuh pertolongan medis secepatnya agar Ziyanah dan bayinya selamat, Relawan YPN Bidang Kesehatan sekaligus LSM Geram tanpa buang waktu langsung membawa Ziyanah ke rumah sakit St. Antonio.

Baca Juga :   Pj Bupati OKU Beri Bantuan Oprasi Secara Gratis Kepada Penyandang Cacat Atresia Ani

Setelah menempuh perjalanan yang cukup lama, Ziyanah bersama team evakuasi tiba di rumah sakit St. Antonio sekitar pulul 01.00 dini hari. Ziyanah langsung ditangani di Instalasi Gawat Darurat ( IGD ) oleh dokter bersama pihak medis. Namun sehubungan kamar rawat inap di rumah sakit St. Antonio semua penuh, Ziyanah terpaksa di bawa pulang terlebih dahulu untuk kemudian di bawa ke salah satu rumah sakit di Baturaja. Di rumah sakit tersebut Ziyanah ditangani oleh dokter kandungan dan dokter bedah karena proses kelahiran bayi Ziyanah harus melalui operasi cesar karena posisi janin melintang sehingga tidak memungkinkan melahirkan secara normal. Operasi cesar berjalan lancar dan Ziyanah melahirkan bayi laki-laki dalam keadaan sehat baik Ziyanah maupun bayinya, semua sehat dan dalam keadaan selamat.

Setelah menjalani operasi cesar dan Ziyanah beserta bayinya di rawat lalu keduanya dinyatakan sehat, dokter dan pihak medis rumah sakit memperbolehkan pulang bersama bayinya untuk istirahat dan di rawat di rumah. Kepulangan Ziyanah bersama bayinya beserta keluarga yang menemani di rumah sakit kembali dibantu melalui program sosial YPN. Bahkan pulang pun di antar kembali oleh relawan Ypn Ziyanah dan keluarganya pulang ke kediamannya

Baca Juga :   Dalam rangka pengesahan program pembentukan peraturan daerah kabupaten Komering ulu Tahun 2023

di desa Merbau. Kepulangan Ziyanah di sambut gembira bercampur haru oleh semua keluarga dan sanak family beserta tetangga sekitarnya. Semua merasa senang dan bersyukur bayi Zinayah lahir selamat dan normal berkat bantuan program sosial YPN melalui Relawan Bidang Kesehatan yang tergabung dalam LSM Geram.

Esa selaku Kadus V Merbau mewakili keluarga Ziyanah mengatakan “rasanya kami warga desa Merbau khususnya dusun V ini sudah kehabisan kata-kata untuk disampaikan kepada pak Yudi Purna Nugraha atas semua bantuan yang telah diberikan bagi warga desa Merbau. Sudah berkali-kali saya selaku Kadus meminta bantuan untuk warga desa Merbau dan setiap kali saya menghubungi Relawan YPN Bidang Kesehatan berama LSM Geram, tak perduli tengah malam pun langsung datang ke desa kami untuk membantu warga. Sungguh luar biasa kinerja dan respon Relawan YPN BIdang Kesehatan bersama LSM Geram dalam menindak lanjuti kesulitan warga. Kami warga desa Merbau benar-benar tiada keraguan lagi terhadap jiwa sosial dan kepedulian pak Yudi untuk warga kecil karena sudah banyak warga kami yang merasakan langsung manfaat nyata program Sosial pak Yudi. Pak Yudi memang sosok pemimpin OKU yang kami harapkan. Beliau sangat layak dan tepat untuk memimpin OKU demi kemajuan OKU dan kesejahteraan masyarakat OKU. Kami akan dukung dan memperjuangkan pak Yudi semaksimal mungkin”, kata Esa.

Baca Juga :   Tim Relawan Yudi Purna Nugraha (Ypn) Antar Almarhum ke Rumah Duka

“Semoga pengabdian sosial kami Relawan YPN Bidang Kesehatan yang sekaligus merupakan LSM Geram selaku pengemban tugas dari pak Yudi, bisa memenuhi harapan warga yang membutuhkan. Kami selalu berupaya maksimal untuk membantu warga hingga tuntas tanpa kenal waktu dan tak lelah. Kami mengikuti instruksi pak Yudi bahwa jangan sampai ada warga sakit yang tidak di urus pengobatannya termasuk bumil yang hendak melahirkan harus di bantu juga pengurusannya. Mohon doanya agar kami senantiasa sehat, diberi kekuatan mental dan fisik, kesabaran dalam berbagai cobaan, dan istiqomah dalam pengabdian untuk warga masyarakat kurang mampu”, ucap Sampurna.

(Heri)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.