Bayi Lahir Prematur Di Bantu Relawan YPN Bidang Kesehatan Hingga Di Tangani Pihak Medis Rumah Sakit

oleh -286 Dilihat

Baturaja, baranusantara.com – Sartiah usia 41 tahun melahirkan bayi yang di kandungnya. Bayi tersebut merupakan anak pasangan Santoso dan Sartiah, warga Batumarta IV dusun II RT 004/002 desa Lubuk Banjar Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu. Beberapa hari yang lalu sartiah melahirkan bayinya di rumah sakit ibu dan anak Prima Qonita Baturaja dan masuk sebagai pasien umum. Proses persalinan berjalan lancar Secara Sesar /operasi, di karenakan bayi Sartiah lahir dalam keadaan kurang bulan atau prematur. Untuk itu bayi harus di rawat di dalam inqubator bayi hingga pertumbuhan dan perkembangannya stabil.

Sehubungan tingginya biaya perawatan yang harus di keluarkan, sementara Santoso dan Sartiah kehabisan dana, untuk itu mereka meminta untuk membawa bayi mereka pulang ke rumah setelah menyelesaikan semua administrasi dan kesepakatan dengan rumah sakit Prima Qonita. Santoso dan Sartiah mencoba merawat bayi mereka di rumah dengan kondisi seadanya. Namun hal tersebut justru menimbulkan dampak tidak bagus terhadap bayi mereka. Kondisi bayi mereka yang lahir prematur jadi memburuk, tubuhnya membiru dan mengecil. Keselamatan bayi mereka terancam dan membuat mereka sangat ketakutan.

Baca Juga :   Keretakan Rumah Di Desa Keban Agung, Imbas Pembangunan PLTU Sumbagsel 1

Dalam kepanikan itu, Santoso menghubungi Koordinator Relawan Bidang Kesehatan untuk meminta pertolongan penyelamatan bayi mereka. Mereka kebingungan karena sudah tidak memiliki biaya untuk kembali membawa bayi mereka ke rumah sakit. Untuk itu, pada hari Kamis ( 27-06-2024 ) Relawan YPN Bidang Kesehatan bersama LSM Geram segera meluncur ke kediaman Santoso untuk memberikan pertolongan secepatnya. Sehubungan Santoso dan Sartiah belum memiliki dokumen kependudukan maka Relawan YPN Bidang Kesehatan di bantu oleh LSM Geram segera melakukan pengurusan dokumen kependudukan Santoso dan Sartiah di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil agar di terbitkan Kartu Keluarga sekaligus memasukkan bayinya sebagai anggota keluarga.

Setelah Santoso dan Sartiah memperoleh Kartu Keluarga, berhubung Santoso dan Sartiah beserta anak-anaknya tidak memiliki jaminan kesehatan, untuk itu LSM Geram juga mengurus administrasi nya hingga pembuatan kartu keluarga bayi di dinas Disduk Capil oku agar bayi bisa di di usulkan. Pakai program Sumsel berkas Hingga mendapatkan KIS untuk bayi  mereka agar,bisa di rawat dengan menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional KIS.

Baca Juga :   Program Sosial Yudi Purna Nugraha, SH Melalui LSM Geram Evakuasi Warga Lekis Rejo Ke Rumah Sakit.

 

 

Setelah semua selesai dan sudah memenuhi syarat, Relawan YPN Bidang Kesehatan segera melarikan bayi Sartiah ke RSUD dr. Ibnu Sutowo Baturaja. Bayi langsung mendapat penanganan pihak medis RSUD dr. Ibnu Sutowo dan di tempatkan di dalam Inqubator bayi di ruang perawatan khusus bayi.

Santoso dan Sartiah merasa sedikit lega karena persoalan berat yang mereka hadapi sudah teratasi sesuai harapan. Mereka menjaga bayinya di rumah sakit dengan penuh harapan akan pulihnya kondisi bayi mereka dan tumbuh kembang bayi menjadi normal. Kepada Relawan YPN Bidang Kesehatan dan LSM Geram, Santoso mengatakan “saya dan isteri sangat berterima kasih atas semua perjuangan Relawan YPN Bidang Kesehatan dan LSM Geram untuk menyelamatkan anak kedua kami ( bayi ). Kami putus asa dan hampir menyerah dengan keadaan karena kami sudah tidak memiliki uang lagi untuk biaya rumah sakit bayi kami. Sedangkan kami juga tidak memiliki BPJS atau JKN KIS untuk pembiayaan bayi kami. Alhdulillah syukur, berkat bantuan Relawan YPN Bidang Kesehatan dan LSM Geram semua teratasi dengan baik dan merupakan kerja yang luar biasa. Tidak menunggu waktu lama kami sekeluarga sudah memilik KK dan juga sudah memilki JKN KIS, sehingga kami merasa sangat tenang saat ini”, ucap Santoso.

Baca Juga :   Polres Lampung Selatan Terima Kunjungan Kapolda Lampung Beserta PD Bayangkari.

Lanjut Santoso, “kami hanya mampu membalas dengan doa agar Relawan YPN Bidang Kesehatan dan LSM Geram selalu di beri kesehatan, di beri kekuatan, di lancarkan rezeki, dan di mudahkan semua usaha dan segala uruan. Kami juga mengucapkan Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pak Yudi Purna Nugraha, SH yang sudah menyediakan Program Sosial YPN bagi warga kecil seperti kami ini. Semoga semua jasa baiknya menjadikan kemudahan jalan untuk mencapai cita-cita, aamiin”, tutup Santoso.

( Heri aprizal )

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.