,

Alokasi Dana Desa Fajar Bulan Kecamatan Lengkiti Kabupaten OKU Tahun 2023 Sudah Sesuai Program Dan Aturan. 

oleh -512 Dilihat

Baturaja Baranusantara.com- Lengkiti, OKU – Sehubungan adanya salah satu pihak yang menaruh kecurigaan terhadap pengalokasian Dana Desa Fajar Bulan Lengkiti, untuk itu awak media baraNusantara.com dan LSM Geram Banten Indonesia DPD Sumsel DPC OKU melakukan pengecekan langsung ke Desa Fajar Bulan Lengkiti. Dugaan adanya pengerjaan bangunan fisik yang di anggap tidak sesuai aturan oleh salah Satu pihak,(oknum ) setelah dilakukan pengecekan langsung ke lokasi ternyata tidak benar seperti yang Diduga.

Awak media baraNusantara.com dan LSM Geram ketika melihat langsung hasil pembangunan yang menggunakan alokasi Dana Desa, nampak bukti fisik bangunan tersebut semuanya dalam keadaan baik dan terlihat sesuai dengan aturan dan peruntukan Dana Desa sudah sesuai prosentase yang ditentukan untuk alokasi bangunan fisik. Bangunan fisik yang mengalokasikan Dana Desa yaitu pembangunan jalan setapak sepanjang 600 meter yang terbagi di 3 titik, yang ketika dilihat dan dicek langsung terlihat hasilnya memenuhi syarat, baik secara kualitas maupun kuantitas. Jalan setapak dibangun dengan ketebalan 15 cm dan lebar 1 meter. Memang ada beberapa meter jalan yang masih dalam pengerjaan, yang mana kadang terhambat oleh kondisi alam. Ketika hujan dan cuaca buruk, pengerjaan terpaksa tertunda dan sedikit terhambat.

Baca Juga :   Polres OKU Serta Forkompinda OKU Nonton Bareng , Pagelaran Wayang Orang

Saat dilakukan pengecekan langsung ke masing-masing titik pembangunan jalan setapak, semua hasilnya memuaskan dan nampak sudah sesuai standar dan aturan. Selain jalan setapak, Desa Fajar Bulan juga membangun kolam budidaya ikan desa sesuai instruksi Dinas Pertanian OKU. Kolam budidaya ikan dibangun cukup luas dan dengan kualitas yang baik. Pembangunan kolam budidaya ikan guna menunjang program ketahanan pangan tersebut juga mengalokasikan Dana Desa. Kolam budidaya ikan juga kami bangun dengan kualitas yang memadai dan memenuhi syarat.

Menurut keterangan Rusdi selaku Kepala Desa Fajar Bulan mengatakan “untuk kepentingan warga desa maka kami pihak desa membangun jalan setapak guna memudahkan akses jalan bagi warga desa. Selaku Kepala Desa sudah menjadi tanggung jawab saya untuk membuat fasilitas fisik bagi warga desa. Berhubung jalan yang di bangun untuk kepentingan warga desa kami sendiri dan utuk mempermudah akses keluar masuk kami juga, sudah tentu kualitas bangunan sangat kami perhitungkan, sehingga pembangunannya kami sesuaikan standar dan kualitasnya sebaik-baiknya. Sehingga jika ada yang menduga ada permainan dalam pembangunan jalan setapak tersebut, itu sama sekali tidak benar” kata Kades.

Baca Juga :   Bayi Lahir Kembar perempuan Secara Sesar Yang di Bantu Relawan YPN Pulang Beserta ibu Nya Dalam Keadaan Sehat Semua 

Lebih lanjut Kades menjelaskan “mengenai pembangunan kolam budidaya ikan, itupun kami bangun dengan kualitas yang memadai dan menyesuaikan standar. Kolam ikan kami bangun dua bagian. Bagian pertama yang menggunakan waring adalah tempat pemeliharaan bibit ikan sedangkan bagian kedua merupakan tempat penampungan atau pemeliharaan ikan yang sudah besar. Adapun penggunaan waring di kolam pertama, bertujuan agar bibit ikan tidak lari ke luar dan untuk mempermudah penangkapan ikan yang nantinya sudah besar yang akan dipindahkan ke kolam satunya. Jika ada pihak yang merasa curiga terhadap program bangunan fisik yang kami laksanakan, kami membuka diri jika ingin melihat langsung hasil pekerjaan kami”, tutup Kades.

Baca Juga :   Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan Provinsi Sumatra Selatan di Palembang

Salah satu warga desa yang juga sempat kami wawancarai, mengatakan bahwa pembangunan jalan setapak dan kolam budidaya ikan sangat memuaskan bagi warga desa. Menurut warga desa yang namanya enggan disebut, semua program desa yang direncanakan dan direalisasikan oleh kepala desa selama ini tidak ada yang bermasalah. Hasilnya baik dan sesuai harapan warga desa. Warga desa alhamdulillah merasa puas dengan hasil pembangunan di desa Fajar Bulan. Semua hasil pembangunan selama ini kami rasakan manfaatnya dan menjadi fasilitas yang memudahkan kami sebagai warga desa.

 

( Heri )

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.