6 Kecamatan Lampung Selatan, Sukseskan Pengukuhan Pekhwatin Punyimbang Adat Lampung, Dan Pemberian Gelar (Adok)

oleh -548 Dilihat

Baranusantara com Lampung,–Pengukuhan Pekhwatin Punyimbang adat Lampung (PEKHPAL) marga katibung dan pemberian gelar (Adok)pada Bupati Nanang Ermanto serta Tim penggerak ketua PKK Lampung selatan yang di tempatkan di desa kota dalam kecamatan Sidomulyo lampung selatan, Kamis(05/01/2023).Pada pukul.09.00 Wib. Sampai dengan selesai.

Dalam giat pengukuhan (PEKHPAL) adat Lampung marga Katibung kabupaten Lampung Selatan, yang di hadir oleh; Bupati serta ibu bupati Lamsel, ketum Pekhpal serta 62 anggota,seluruh kadis pemkab Lamsel, enam camat marga Katibung, seluruh kepala desa se-marga Katibung, para Punyimbang adat Marga Katibung dan para undangan.

“Sambutan ketum PEKHPAL H.A.Bakri SPd MM, gelar (Sultan Pembina Marga) yang di wakili oleh Zainal Thohir gelar (pengikhan Mulan Khatu) selain dia memaparkan
sejarah singkat, cikal bakal marga Katibung juga berpesan kepada bupati Lampung Selatan bahwa tak kenal maka tak sayang supaya pak bupati jangan takut dengan berbedaan warna yang penting komunikasi jangan terputus, beliau juga menjelaskan bahwa marga Katibung meliputi enam kecamatan yakni kecamatan Katibung, kecamatan Sidomulyo,kecamatan Merbau Mataram,kecamatan candi Puro, kecamatan waysulan dan kecamatan way panji,”ujarnya

Baca Juga :   *Penghormatan Kapolres Oku Terhadap Para Pahlawan di Taman Makam Kemarung Baturaja*

Lanjutnya,”Marga Katibung berbatas dengan marga teluk tepat nya di batu serampok wilayah bukit asam bandar Lampung, sedangkan ke arah pemkab Lamsel berbatasan dengan marga legun di kubu Tanoh, tepat nya perbatasan desa suka marga dan desa munjuk sampurna,” jelas Pengikhan Mulan Khatu.

“Saripudin Ali gelar (tuan alam sejagat) perwalian dari Pekhwatin Punyimbang adat Lampung yang membacakan sair petuah dalam pengukuhkan pemberian gelar/adok kepada Bupati Lamsel H.Nanang Ermanto, diberi gelar (Pengikhan Nata Marga) yang resmi di syahkan oleh Pekhwatin Penyimbang adat Lampung (Pekhpal) Marga Katibung Lamsel.

Baca Juga :   Bantu Sampai Tuntas, Relawan YPN Bersama LSM Geram Ke Warga Penderita Sakit

“Dilain sisi, juga Putri Yati SE,gelar (Khatu Yang Cumbuan) membacakan pengukuhan pada ketua penggerak PKK Lamsel, Hj.Winarni Nanang Ermanto yang diberi gelar/Adok (Pengikhan Ibu Pekhtiwi), juga yang di syahkan oleh Pekhwatin Punyimbang adat Lampung marga Katibung Lamsel. dalam sair yang berisikan petuah serta saran untuk Bupati beserta ibu Bupati Lamsel.

Bupati Lamsel,H.Nanang Ermanto dalam sambutannya dia mengatakan,”Saya merasa sangat terharu dan berterimakasih pada seluruh Pekhwatin Punyimbang adat Lampung (PEKHPAL) Marga Katibung yang sudah memberikan saya gelar/Adok (Pengikhan Nata Marga) terimakasih sekali lagi saya sampaikan, sudah di angkonkan di keluarga besar didalam kehadatan Lampung marga Katibung ini, insa Alloh saya akan menjaganya dengan baik, ini amanah buat saya pribadi dalam penataan di Lamsel,”Ujar Nanang Ermanto.

Sambungnya,”Dengan mendapatkan gelar (Pengikhan Nata Marga) dari masyarakat adat marga Katibung ini merupakan suatu penghargaan yang sangat luar biasa dan saya sudah tidak bisa berkata kata lagi, mudah-mudahan atas diberi nya saya gelar dan dikukuhkan oleh pukhwatin punyimbang adat Lampung kita akan lebih dekat lagi dan saling bersenergi kedepan nya, dengan kekeluargaan yang telah terjalin ini, mari kita sama-sama mencurahkan segala kemampuan dan kepedulian kita untuk kelangsungan dalam pembangunan di Lamsel.

Baca Juga :   Aksi Unjuk Rasa Masyarakat Desa Keban Agung Oku, Terkait Dugaan Pembendungan Sungai Ogan oleh PT. SSP. Pengamanan Dari Polres Oku Berhasil 

Pada kesempatan ini saya juga meminta kepada seluruh keluarga Pekhwatin Punyimbang Adat Lampung Marga Katibung mari kita bersama-sama bergotong-royong bersatu penuh kepedulian demi kelancaran pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan yang kita cintai ini,”tutupnya.

Jumlah kepengurusan, Pekhwatin Punyimbang adat Lampung (PEKHPAL) Marga Katibung terdiri dari 6 kecamatan Lampung selatan, sebanyak 62 Orang kepengurusan dengan di Bidang Masing-masing.

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.